Khutbah Jumat Terbaru Singkat Padat Lengkap Dengan Doa

Advertisement
Advertisement
Saudaraku yang budiman, dalam kesempatan kali ini saya akan membahas peranan seorang yang di percai untuk jadi khatib (memimpin) pelaksanaan khutbah jumat serta rukun rukunnya.

Khutbah Jumat Terbaru Singkat Padat Lengkap Dengan Doa

Sebelumnya saya mau mengingatkan kepada seluruh saudara-saudaraku umat islam untuk memperkuat iman dan taqwa kita, pada dasarnya ketika khotib naik mimbar malaikat sudah ada di masjid duduk dengan khusu untuk mendengarkan khotbah jumat yang di bawakan oleh khotib.

Jikalau ada seorang jemaah sholat jumat terlambat pahala ibadahnya hanya akan sedikit, kalau jemaah shalat jumat berangkatnya terlebih dahulu langsung duduk di dalam masjid insya allah malaikat akan mencatat pahala amal yang baik di buku amal para jemaah.

Khutbah Jumat Terbaru Singkat Dan Contoh Lengkap

Nah setelah jemaah sudah mengetahui kita kembali lagi ke pokok utama peranan seorang khotib, tata cara dalam melaksanakan khutbah jumat khotib harus.

1. Khatib naik ke atas mimbar sesudah masuknya waktu dzuhur kemudian Khatib langsung memberi salam kemudian khotib duduk.

2. Trus Muadzin mengumandangkan adzan, sebagaimana biasanya mengumandangkan adzan waktu shalat yang lima waktu.

3. Khatib berdiri untuk segera melaksanakan khutbah yang dimulai dengan bacaan muqodimah (pujian kepada Allah SWT) kemudian membacakan shalawat kepada Rasulullah SAW. selanjutnya memberikan nasehat kepada para seluruh jamaah untuk mengingatkan kepada jamaah dengan suara yang keras dan tegas (anjuran), menyampaikan perintah Allah SWT. dan larangannya dan RasulNya. serta mendorong mereka dalam hal untuk berbuat kebaikan dan kebajikan menyuarakan akan takutnya terhadap siksa Allah SWT. dari berbuat keburukan serta mengingatkan mereka akan janji-janji Allah SWT. atas kebaikan yang kita perbuat, Kemudian Khatib duduk sebentar.

4. Khatib memulai Khutbah yang kedua tersebut dengan bacaan hamdalah serta pujian kepada Allah SWT. Lalu melanjutkan khutbahnya tersebut dengan tata cara/ pelaksanaan yang sama dengan khutbah pertama hingga khutbah selesai.

5. Selanjutnya Khatib turun dari atas mimbar. Kemudian muadzin mengumandangkan iqamat agar segera melanjutkan shalat Jum’at tersebut. Kemudian khatib memimpin shalat Jum’at secara berjama’ah melaksanakan Shalat dua rakaat dengan mengeluarkan suaranya untuk memebacakan surat surat ayat alquan.

Syarat Rukun Hutbah Jumat

1. HAMDALAH (Memuji kepada allah)
khutbah ke satu wajib di mulai dengan hamdalah, lapadz yang memuji kepada allah.

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا و مِنْ َسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ

2. Sholawat kepada nabi saw
shalawat kepada nabi muhammad saw memakai lapadz dengan jelas.

اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن.

3. Wasiat untuk taqwa
Yang di maksud wasiat ini adalah perintah atau ajakan taqwa atau takut kepada allah.

يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

4. Membacakan ayat alquran minimal satu ayat mengandung mana lengkep bukan sekedar potongan ayat yang belum lengkap dengan pengertiannya, maka tidak dikatakan sebagai pembaca alquran kalau sekedar mengucapkan lafad: tsumma nazhar”.

فَاسْتبَقُِوا اْلخَيْرَاتِ أَيْنَ مَا تَكُونوُا يَأْتِ بِكُمُ اللهُ جَمِيعًا إِنَّ اللهَ عَلىَ كُلِّ شَئٍ قَدِيرٌ

5. Doa untuk agama islam di khutbah yang ke dua
Pada akhirnya khotib harus meminta kepada allah kebaikan untuk umat islam.

Contohnya untuk doa penutup hutbah dua

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدّعَوَاتِ.
رَبّنَا لاَتُؤَاخِذْ نَا إِنْ نَسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبّنَا وَلاَ تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلََى اّلذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا رَبّنَا وَلاَ تًحَمّلْنَا مَالاَ طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلاَنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِيْنَ.
رَبَنَا ءَاتِنَا فِي الدّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النّارِ. والحمد لله رب العالمين.

Sholat jumat merupakan sholat yang di wajibkan untuk bagi seluruh umat islam hususnya para kaum adam.

Semoga artikel tentang syarat rukun dan tata cara bacaaan khutbah jumat mudah mudahan ada manfaat khususnya yang baca atikel ini.

BACA JUGA: Sholat Tasbih

Advertisement